Rabu, 27 Maret 2019

Tips dan Cara Merawat Mobil Kesayangan





sumber : otoboy

Kabarkhusus.com - Bagi kamu yang baru saja membeli mobil baru maupun bekas tentunya diperlukan perawatan agar mobil yang telah kita beli awet dan terlihat baik, bukan? Mungkin diantara kita banyak yang membawa mobil ke tempat service bulanan untuk merawatnya, memang itu tidak salah tetapi banyak beberapa komponen dari mobil yang hanya bisa diketahui oleh pemiliknya, baik mobil bekas maupun baru pastinya semua itu memerlukan perawatan terbaik seperti pada bagian luar diantaranya cat mobil, velg, bahkan lampunya juga butuh perawatan.

Selain itu pada bagian interior mobil seperti halnya dashboard dan jok agar membutuhkan perawatan untuk menunjang keselamatan berkendara kita. Kemudian perawatan berkala diperhatikan untuk  mengganti oli mesin jika sudah waktunya, cek rem mobil dan yang terpenting adalah melakukan pemanasan mesin setiap saat sebelum digunakan. Apalagi saat mobil yang kamu gunakan terkena air hujan, sebaiknya kamu langsung menyiramnya dengan air bersih dan langsung di lap memakai kain yang halus untuk menghindari tergores pada mobil.

Tentunya perawatan pada mobil manual dan matic sangat berbeda pada bagian mesinnya. Jika kamu ingin menambahkan aksesoris pada mobil kesayangan, sebaiknya pilih montir yang sudah ahli dalam memasang aksesoris, jangan sampai salah pasang apalagi jika harus melubangi body mobil.

Hal paling terpenting untuk pengendara baru yang belum mahir dan paling sulit adalah menghindari tergores body mobil saat parkir apalagi saat parkir di tempat yang sempit, pastinya sangat menguras pikiran ditambah lagi tidak adanya tukang parkir. Bagi kamu yang kesusahan untuk merawat mobilmu sendiri, saya akan membagikan tips dan cara merawat mobil dirumah. Mari kita langsung lanjut ke bawah ini :

1. Menjaga cat mobil



Sumber : PUBinfo

Pertama kali kamu melihat mobil pasti pada tampilan luar alias cat pada body yang dipakai berkualitas. Faktor  yang menjadikan cat body mobil mudah rusak yaitu terkena senggolan karena salah parkir, berada di suhu lembab dan terkena panas terik matahari secara langsung, menggunakan sabun untuk cuci mobil sembarangan, dan lap dengan permukaan kasar.

 2. Menjaga audio mobil



Sumber : Autotekno

Audio mobil memang penting untuk kamu yang berpergian jauh tanpa seorang teman dan merasa jenuh. Namun, kebanyakan orang tidak mempedulikan merawat audio mobilnya. Nah, hal yang harus kamu lakukan untuk merawat audio mobil adalah dengan cara selalu mematikan Audio sebelum mesin mobil mati.

Kemudian bersihkan debu di heat unit, atur posisi bass, treble secara teratur karena bisa merusak sound audio pada mobil jika terlalu maximal dan suara menjadi kasar. Setelah itu kamu juga harus sering mengecek dan mengatur volume secara minimal jangan terlalu maximal, dan bersihkan optik dengan CD cleaner.

3. Velg mobil





Sumber : Seva

Sesaat kamu selesai mencuci mobil, jangan lupa pada bagian velg mobil harus dalam posisi benar-benar kering. Kamu bisa menggunakan kain lap dengan permukaan halus, tapi jangan sampai kain lap yang bekas untuk mengeringkan kaca apalagi bodynya. Karena akan membuat kotorannya berpindah dan juga menimbulkan bekas goresan.

Jika kamu menemukan kotoran pada velg seperti noda aspal, oli maupun lumpur yang sudah membandel, maka ulangi membersihkan velg dengan cairan khusus sampai noda membandel tersebut hilang. Jangan sampai kamu menggunakan bensin maupun minyak tanah untuk menghilangkan noda membandel karena bisa merusak cat.


EmoticonEmoticon