Minggu, 24 Maret 2019

Langkah Mudah Merawat Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama


Berfaedah.Com-Smartphone menjadi salah satu benda elektronik yang kini sangat penting keberadaannya. Hampir semua orang di dunia saat ini memiliki smartphone. Tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang terdekat kini smartphone menjadi benda yang dapat menjadi hiburan tersendiri bagi seseorang. Tak heran jika kini banyak orang yang tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Bahkan ada yang sampai membawa smartphone saat berada di kamar mandi. Keberadaan smartphone yang kini hampir dimiliki oleh semua orang ini menjadikan harga smartphone kini semakin murah. Setiap merek smartphone yang ada kini juga semakin bersaing mengeluarkan produk terbaru dengan beragam fitur yang lebih menarik dan lebih canggih. Meskipun smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi sebagai besar orang namun banyak dari mereka yang tidak bisa merawat smartphone dengan baik. Pasalnya karena terlalu banyak diisi dengan aplikasi dan terlalu sering digunakan maka smartphone pun menjadi menurun daya tahannya.



Harga smartphone saat ini memang murah. Namun jika sekali beli tidak bisa tahan lama akan sangat sayang bukan? Kita harus membeli yang baru berulang kali dan tentu saja hal tersebut membuat kita menjadi lebih boros. Oleh karenanya merawat smartphone agar lebih tahan lama menjadi hal yang perlu diperhatikan. Nah untuk anda yang hobi membeli hp karena tidak bisa tahan lama maka berikut di bawah ini ada beberapa cara dalam merawat smartphone agar lebih tahan lama digunakan. Sehingga anda tidak perlu repot membeli dalam jangka waktu pendek. Diantaranya adalah :

  1. Sesuaikan jenis dan berat aplikasi yang anda isi pada smartphone anda dengan kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh smartphone anda. Kebanyakan orang yang dalam sekali beli secara langsung mengisi smartphone dengan beraneka ragam aplikasi tanpa memperhatikan partisi dari penyimpanan hpnya maka peluang hp menjadi lemot atau lelet akan sangat besar. Hal ini menyebabkan smartphone anda akan sering mengalami macet atau hang.
  2. Lakukan pengisian baterai yang sesuai. Isilah baterai smartphone anda sebelum benar-benar habis. Kebanyakan orang selalu mengabaikan peringatan baterai lemah. Ketika baterai lemah tak jarang mereka masih memakai dan mengaktifkan hp mereka. Saat hp sudah mati karena baterai terkuras habis barulah dilakukan pengisian baterai. Hal ini jika dilakukan dengan kadar sering maka akan membuat baterai anda error. Selain itu waktu pengisian hp juga perlu anda perhatikan. Jika sudah benar-benar penuh terisi segera cabut kabel charger. Jika baterai telah terisi penuh namun kabel charger masih menempel pada smartphone maka hal ini akan membuat baterai cepat membengkak. Akibatnya baterai akan terlalu cepat habis meskipun baru sebentar dipakai.
  3. Jangan menggunakan smartphone ketikan anda mengisi daya baterainya. Sebaiknya matikan daya smartphone saat anda mengisi daya baterainya. Jika sambil mengisi baterai anda menggunakannya hal ini tidak hanya akan menyebabkan kebocoran baterai akan tetapi juga akan buruk untuk kesehatan kulit anda. Hal ini disebabkan oleh suhu panas dan radar dari smartphone itu sendiri ketikan diisi baterai.
  4. Rajinlah melakukan backup dan pembersihan sampah pada smartphone anda. Sampah di sini maksudnya adalah aktifitas hp yang tidak dibutuhkan bisa anda bersihkan. Sehingga akan memperlancar berjalannya system hp.
  5. Gunakan smartphone sekedarnya saja dan jangan terlalu sering atau jangan berlebihan.  

Nah beberapa informasi mengenai cara merawat smartphone di atas diharapkan menjadi informasi yang berfaedah bagi anda semua. Sehingga dengan begitu anda bisa lebih menjaga smartphone anda agar lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.


EmoticonEmoticon