Jumat, 22 Maret 2019

Kebiasaan yang Bikin Hidup Anak Kos Lebih Hemat dan Cermat




Kuliah atau bekerja di kawasan yang jaraknya sangat jauh dari rumah, apalagi di luar provinsi, tentu nggak memungkinkan kita untuk selalu pulang-pergi ke rumah. Predikat sebagai anak kos yang otomatis kita sandang pun menjadi tantangan lain di kawasan tersebut selain beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Memutuskan untuk menyewa kamar kos, artinya kita harus cermat dalam menyusun siasat supaya kehidupan sehari-hari tetap sejahtera, namun kondisi finansial tetap terkendali. Untuk itu kalau kamu yang saat ini sudah nge-kos, tapi merasa uang bulanan selalu sekedar lewat saat masuk ATM, coba ubah kebiasaan kamu dan contek tips ini!

     1.   Tulis daftar pengeluaran utama selama sebulan

Sediakan sebuah buku catatan yang khusus untuk kamu tulisi daftar pengeluaran utama selama satu bulan, mulai dari biaya kos, listrik, uang makan, dan lain-lain. Cara ini secara tak langsung juga membiasakan kamu untuk terbiasa mengatur keuangan di masa depan.

     2.   Selamatkan uang untuk kebutuhan utama

Cara konvensional dengan menyimpan uang cash dalam amplop ternyata juga efektif. Siapkan beberapa amplop dan tulis pada masing-masing sisinya terkait kebutuhan kamu. Misalnya amplop untuk PLN token, uang kos, beli gas, dan jatah makan.

     3.   Beralih ke air mineral galon

Kalau biasanya kamu selalu membeli air mineral kemasan yang ukurannya sekali minum, mulailah beralih untuk beli ukuran galon. Kalau per botol air mineral sekali minum harganya 4000 Rupiah kamu kalikan 30 hari, pengeluaran untuk air mineral saja sudah 120.000 Rupiah. Harga ini sudah bisa kamu belikan enam galon air mineral yang bisa kamu isi di tumbler dalam jumlah yang lebih banyak.
   
     4.   Bedakan aktivitas yang penting dan kurang penting

Rasa bosan yang timbul kerap memancing kita untuk hang out di luar kos. Daripada kamu harus pergi ke kafe atau mall yang selalu menghabiskan kocek yang nominalnya tak terduga, kamu harus mempertimbangkan hal ini. Kalau sesekali sih nggak masalah, namun selebihnya memanfaatkan wifi kamar kos untuk nonton film atau hang out di rumah teman tentu lebih asyik dan hemat.




EmoticonEmoticon