Selasa, 15 Januari 2019

Info Parenting Seputar Cara Mendidik Anak agar Gemar Berbagi


info parenting

Memiliki anak yang tidak pelit dan peduli sesama serta gemar berbagai tentu merupakan sesuatu yang membanggakan. Beragam sumber yang memuat info parenting tentang cara mendidik anak agar gemar berbagi bisa Anda jadikan referensi. Contohnya sebagai berikut.

Beri Contoh Nyata

Sudah menjadi fitrah seorang anak jika selalu mengikuti apa yang dilakukan orang terdekatnya yang dalam hal ini adalah Anda sebagai orang tuanya. Oleh karena itu, jika ingin si kecil gemar berbagi, contohkan dari diri Anda sendiri.

Contohnya adalah dengan bersedekah dan berbagi makanan secara rutin di alun-alun. Bagikan makanan tersebut pada penarik becak, petugas parkir, dan lainnya yang berhak mendapatkan makanan tersebut. Setelah sering melihat aktivitas seperti ini, lama-kelamaan menjadi kebiasaan dan tidak perlu disuruh lagi agar si kecil mau berbagi.

Diskusi dengan si Kecil

Berapa usia anak Anda? Usia balita, khususnya 3-5 tahun biasanya sudah bisa diajak diskusi. Tentunya diskusi tersebut bersifat ringan dan menggunakan bahasa yang bisa dipahami si kecil. Jelaskan bahwa dengan berbagi, anak yang lain pun akan ikut bermurah hati padanya dan yang paling penting, Allah akan memberi ganjaran pahala dan pengganti yang lebih baik.

Info parenting tentang cara mendidik anak agar mau berbagi ini memang tidak memberi hasil yang instan. Perlu kesabaran hingga sampai pada hasil yang sesuai harapan. Jalin ikatan dan keakraban dengan si kecil sehingga apa yang Anda sampaikan bisa lebih mudah diterima olehnya dengan baik.

Hindari Menegur di Depan Umum

Saat berkumpul dengan keluarga, kerabat, atau teman, biasanya membawa anak yang seumuran dengan anak Anda. Jika membawa makanan atau mainan, ajak anak untuk mau berbagi makanan atau memainkan mainan tersebut bersama-sama.

Bagaimana jika si kecil menolak? Solusinya kembali pada poin kedua, yaitu berbicara dengannya. Tapi, hindari menegurnya secara langsung karena bisa membuatnya malu. Selain itu, teguran tersebut bisa menimbulkan pemberontakan pada kemudian hari.

Dongeng dan Kisah Teladan

Setiap anak biasanya sangat senang saat mendengar cerita dan dongeng. Oleh karena itu, perdengarkan dongeng dan kisah teladan penuh hikmah, terutama yang isinya memberi contoh bagaimana sikap anak yang baik dan mau berbagi.

Dengan demikian, saat ada teman seusianya yang datang berkunjung, si kecil tidak segan untuk mengajaknya bermain bersama. Tidak akan ada lagi keluh kesah Anda tentang si kecil yang kurang mempunyai empati, seperti menyembunyikan atau melarang anak lain memainkan mainan-mainan miliknya.

Selain mendidik anak agar mau berbagi, masih banyak lagi info parenting lainnya yang berkaitan dengan bagaimana mendidik anak dengan baik. Salah satu sumber informasi yang sangat direkomendasikan adalah Orami Magazine. Ada banyak informasi penting yang bisa Anda jadikan acuan dalam mendidik anak. Nah, selamat membaca dan mengaplikasikannya!


EmoticonEmoticon